Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android

Authors

  • Erwin Setiawan Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Undang Syaripudin Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Yana Aditia Gerhana

DOI:

https://doi.org/10.15575/join.v1i1.8

Keywords:

Augmented Reality, buku, wudhu, Android

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang [1]. Salah satu implementasi AR di bidang edukasi seperti AR Book. Buku merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan. Selain itu, buku jg digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh guru maupun orang tua terhadap anak-anak, misalkan seperti jenis buku panduan mengenai tatacara wudhu. Wudhu adalah suatu bentuk peribadatan kepada Allah Ta’ala dengan mencuci anggota tubuh tertentu dengan tata cara yang khusus, wudhu khususnya diperintahkan sebelum melaksankan ibadah shalat dan thawaf. Umat muslim harus mengetahui tatacara berwudhu yang benar. Salah satu sistem operasi yang digunakan mobilephone atau smartphone yaitu android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang berbasis linux yang bersifat open source. Dengan memanfaatkan media mobile untuk membangun aplikasi menggunakan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran aplikasi AR berbasis Mobile mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah berpindah.

Author Biography

Yana Aditia Gerhana

Teknik InformatikaFakultas Sains dan TeknologiUIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Yuen, S. C.-Y., Yaoyuneyong, G., & Johnson, E. 2011. “Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Educationâ€. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 119-140.

Radu, I. 2012. Why should my students use AR? A comparative review of the educational impacts of augmented-reality. Mixed and Augmented Reality (ISMAR), IEEE International Symposium (pp.313-314).

Bala, Kiran., Sharma, Sumit., Kaur, Gurpreet. 2015. "A Study on Smartphone based Operating System". International Journal of Computer Applications (0975 – 8887).

Azuma, Ronald T. Aug. 1997. “A Survey of Augmented Realityâ€. In Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4, 355-385.

Siltanen, S. 2012. Theory and applications of marker-based augmented reality. Finland. 42

Rizki, Yoze. 2012. “Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Androidâ€. Jurnal Teknik Elektro. Institut Teknologi Surabaya.

Fidelis, Joshapat Soekahar. 2004 : "Open Source 3D Animation Blender Publisherâ€. Jakarta.

Safaat, Nazruddin. 2011. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC BerbasisAndroid. Informatika: Bandung.

Published

2016-06-01

Issue

Section

Article

Citation Check

Most read articles by the same author(s)