Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android

Authors

  • Erwin Setiawan Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Undang Syaripudin Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Yana Aditia Gerhana

DOI:

https://doi.org/10.15575/join.v1i1.8

Keywords:

Augmented Reality, buku, wudhu, Android

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang. Salah satu implementasi AR di bidang edukasi adalah AR Book. Buku merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan. Selain itu, buku juga digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh guru maupun orang tua terhadap anak-anak, misalkan seperti jenis buku panduan mengenai tatacara wudhu. Wudhu adalah suatu bentuk peribadatan kepada Allah Ta’ala dengan mencuci anggota tubuh tertentu dengan tata cara yang khusus. Wudhu khususnya diperintahkan sebelum melaksanakan ibadah shalat dan thawaf. Umat muslim harus mengetahui tatacara berwudhu yang benar. Salah satu sistem operasi yang digunakan pada mobile phone atau smartphone yaitu Android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang berbasis Linux dan bersifat open source. Dengan memanfaatkan media mobile untuk membangun aplikasi menggunakan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran, aplikasi AR berbasis mobile mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah berpindah

Author Biography

Yana Aditia Gerhana

Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

S. C.-Y. Yuen, G. Yaoyuneyong, and E. Johnson, "Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education," Journal of Educational Technology Development and Exchange, pp. 119-140, 2011.

I. Radu, "Why should my students use AR? A comparative review of the educational impacts of augmented-reality," in Mixed and Augmented Reality (ISMAR), IEEE International Symposium, 2012, pp. 313-314.

K. Bala, S. Sharma, and G. Kaur, "A Study on Smartphone-based Operating System," International Journal of Computer Applications, vol. 2015, no. 0975–8887, 2015.

R. T. Azuma, "A Survey of Augmented Reality," Presence: Teleoperators and Virtual Environments, vol. 6, no. 4, pp. 355-385, Aug. 1997.

S. Siltanen, Theory and applications of marker-based augmented reality, Finland, 2012.

Y. Rizki, "Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android," Jurnal Teknik Elektro, Institut Teknologi Surabaya, 2012.

J. S. Fidelis, "Open Source 3D Animation Blender Publisher," Jakarta, 2004.

N. Safaat, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2011.```

Published

2016-06-01

Issue

Section

Article

Citation Check

Most read articles by the same author(s)