Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android

Authors

  • Hilman Septian Teknik Informatika, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Eka Wahyu Hidayat Teknik Informatika, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Alam Rahmatulloh Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/join.v2i2.100

Keywords:

Android, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Multimedia, Smartphone

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting bagi manusia, karena bahasa berfungsi sebagai alat penyampai pesan dari seseorang kepada orang lain. Salah satu bahasa yang popular di kalangan masyarakat Indonesia adalah bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pembelajaran bahasa dengan cara konvensional biasanya dilakukan dengan cara tatap muka langsung dengan guru di sekolah atau di majelis ilmu. Adanya teknologi berbasis mobile saat ini yang sedang populer yaitu Android dapat membantu proses pembelajaran bahasa, sehingga pembelajaran bahasa inggris dan arab dapat dituangkan pada bentuk digital. Pada penelitian ini akan membuat aplikasi pengenalan bahasa Inggris dan Arab dengan menuangkan multimedia menurut konsep Luther-Sutopo, sehingga diharapkan pembelajaran bisa lebih praktis dan menarik. Metode Luther-Sutopo digunakan untuk rekayasa multimedia, dengan tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi multimedia pengenalan bahasa berbasis Android yang telah diuji, berdasarkan pengujian alpha didapat bahwa secara fungsional sudah sesuai dengan fungsinya dan dari pengujian beta didapat nilai 87%, yang artinya aplikasi di interpretasi sangat baik oleh pengguna.

Author Biography

Alam Rahmatulloh, Universitas Siliwangi

Teknik Informatika Universitas Siliwangi

References

"Operating System Market Share Worldwide," [Online]. Available: http://gs.statcounter.com/os-market-share. [Accessed 09 09 2017].

D. Rosyada, Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Pers, 2008.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

T. Vaughan, Multimedia Making It Work, Sixth Edition, New York: McGraw-Hill Companies, 2004.

I. Sommerville, Software Engineering 6th Edition, Lancaster: Addison Wesley Publishing, 2000.

N. S. H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android, Bandung: Informatika, 2012.

S. H. S, Mudah Membuat Aplikasi Android, Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

I. Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipt, 2006.

Published

2018-01-06

Issue

Section

Article

Citation Check