Implementasi Metode Scoring System Sebagai Paramater dalam Memahami Kajian Ilmu Tasawuf Berbasis Android

Authors

  • Pungky Hermayanti Teknik Informatika, STMIK Kharisma Karawang, Indonesia
  • Arif Budimansyah Teknik Informatika, STMIK Kharisma Karawang, Indonesia
  • Ujang Tresna Lenggana Teknik Informatika, STMIK Kharisma Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/join.v2i2.110

Keywords:

Tasawuf, Android, Metode Scoring System

Abstract

Ilmu tasawuf merupakan bagian dari syariat islam. Syariat dalam makna umum adalah keseluruhan ajaran islam. Tidak hanya ilmu tauhid dan ilmu fiqih yang harus dipelajari, tetapi ilmu tasawuf ini merupakan ilmu yang tidak dapat terpisahkan dari ilmu fiqih dan ilmu tauhid. Ilmu tasawuf adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara mensucikan jiwa. Ilmu tasawuf didalam pembelajarannya berbeda dengan kedua displin ilmu tersebut, karena ilmu tasawuf bukan ilmu yang sekedar menghapal, tetapi juga ilmu yang harus diimplementasikan sehingga meresap ke dalam keruhanian seorang muslim dengan bimbingan seorang guru mursyid. Dalam pelaksanaannya, umat muslim membutuhkan bimbingan baik secara langsung maupun tidak langsung ataupun baik lahiriah maupun batiniah. Bimbingan secara lahiriah ini akan dapat diterapkan secara praktis dan bersifat mobile dengan menggunakan media android sebagai jembatan memahami ilmu tasawuf. Oleh karena itu, pada penelitian ini telah diimplementasikan  menggunakan metode scoring system  sebagai parameter dalam memahami kajian ilmu tasawuf berbasis android. Yang dilengkapi dengan latihan kemampuan pemahaman kajian mengenai ilmu tasawuf. Tujuannya adalah mampu meningkatkan kualitas keimanan seseorang dan mampu meningkatkan  pemahaman kajian tasawuf, yang Sistem penilaiannya menggunakan metode pengukuran, yaitu metode scoring system. Metode scoring system adalah metode yang memberikan evaluasi terhadap kelayakan subjek tes dalam bentuk nilai.

References

Devie Rosa Anamisa. 2015. Penerapan Metode Scoring System Untuk Penilaian Latihan Pemahaman Materi Ibadah Sholat Fardhu dan Sunah, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, STMIK STIKOM 9-10 Oktober 2015, Bali.

Huda Akbarul Arif. 2015. 24 Jam Pintar Pemrograman Android, E-Book, , Website: http://www.omayib.com (diakses tanggal 29 Mei 2017).

Imran Djafar, Herlinda. 2016. Perancangan Aplikasi Doa Dan Wirid Harian Muslim Berbasis Android, Teknik Informatika Stmik Dipanegara Makassar Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016 Stmik Amikom Yogyakarta, 6-7 februari 2016 ISSN : 2302-3805 1.2-25.

Muhammad Fathurahman. 2016. Jalan Menuju Tuhan, halaman 9, Grasindo, Jakarta.

Nazruddin Safaat H. 2014. Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Revisi Kedua, halaman 263, Informatika, Bandung.

Soegiyarto Mangkuatmodjo. 2015. Statistik Deskriptif, halaman 12, Rineka Cipta, Jakarta.

Samsul Arifin, Yolanda Krisnadita. 2017. Aplikasi Plugin Transfer Domain di PT. Beon Intermedia, Jurnal Teknologi Informasi 2017, ISSN 2086-2989, Vol.8 Nomor 1.

Tim HLIndo Android. 2015. Aplikasi Android Soal Pilihan Ganda, halaman 27, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Tustiyana Windiyani. 2012. Instrumen Untuk Menjaring Data Interval, Nominal, Ordinal dan Data Tentang Kondisi, Keadaan, Hal Tertentu dan Data Untuk Menjaring Variabel Kepribadian, Jurnal Pendidikan Dasar 2012, ISSN 2086-7433, Vol; No.5.

Yulien Carlos, Teguh Susanto, Tony Soebijono. 2013. Sistem Informasi Penilaian Kinerja Sopir Taksi Menggunakan Metode Scoring System pada PT Merpati Wahana Taksi, Jurnal Sistem Informasi STMIK Surabaya, ISSN : 2338-137X.

Published

2018-01-06

Issue

Section

Article

Citation Check